Network Analysis Tool, Application Layer Protocol, danTransport Layer Protocol

1. PENGANTAR

Application Layer Protocol

Application Layer merupakan layer paling atas, baik pada model OSI, maupun model TCP/IP. Layer ini menyediakan antarmuka antara aplikasi-aplikasi yang kita gunakan, dengan jaringan yang digunakannya untuk melakukan pertukaran informasi. Pada pertukaran informasi antar aplikasi yang berjalan pada hostpengirim dan host tujuan digunakan berbagai protokol Application Layer. Protokol pada application layer menentukan bagaimana pesan dipertukarkan antara host pengirim dan tujuan, sintaks dari perintah-perintah kontrol (control command), jenis dan format data yang dipertukarkan, metode yang digunakan untuk mengetahui terjadinya kesalahan dan bagaimana mengatasi kesalahan tersebut, serta bagaimana interaksi dengan layer yang berada di bawahnya.Terdapat banyak protokol untuk apllication layer, antara lain Domain Name Service Protocol (DNS), Hypertext Transfer Protocol (HTTP), Simple MailTransfer Protocol (SMTP), Telnet, Filet Transfer Protocol (FTP), dan sebagainya.

Pada praktikum ini akan dilakukan analisis terhadap protokol yang sering kita gunakan, yaitu HTTP. Hypertext Transfer Protocol (HTTP), pada awalnya merupakan prokol yang Dikembangkan untuk mempublikasikan maupun mengunduh halaman HTML. Saat ini, HTTP yang merupakan protokol pada application layer yang paling sering digunakan juga dimanfaatkan untuk transfer data. HTTP menentukan mendefinisikan protokol dalam melakukan request dan response antar klien dan server. Dengan HTTP, terdapat tiga jenis pesan yang dipertukarkan, yaitu GET,POST, dan PUT. GET digunakan oleh klien untuk melakukan request. POST dan PUT digunakan untuk melakukan upload data ke server.

2. ALAT DAN BAHAN

Peralatan dan software yang digunakan dalam pratikum ini antara lain:

a)      1 unit notebook Acer Aspire 4732Z dengan spesifikasi sebagai berikut:

Processor                        : Pentium Dual-Core T4400 2.20 GHz

Memory                          : 1 GB, 1 Slot

Harddisk                        : 160 GB

Sistem Operasi               : Windows Xp

b)      Wireshark sebagai sniffer diprogram untuk mengenali berbagai macam protocol jaringan.

3. LANGKAH KERJA

Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1.      Jalankan aplikasi Wireshark,

2.      Untuk melakukan capture dengan memilih pilihan yang tersedia, pilih menu Capture > Options akan tampil jendela semacam ini:

3.      Pada jendela Capture Option, pilihlah interface Ethernet yang akan dicapture. Terlihat pada screenshot di atas terdapat 3 buah highlight. Highlight paling atas menunjukkan pilihan untuk melakukan capture pada Promiscuous Mode. Jika pilihan ini diaktifkan, maka Wireshark akan melakukan capture terhadap paket-paket yang ditujukan untuk computer ini dan paket-paket yang terdeteksi oleh NIC dari komputer-komputer dalam satu segmen jaringan.

4.      Highlight kedua menunjukkan pilihan-pilihan untuk mengatur tampilan atau informasi yang akan ditampilkan oleh Wireshark. Jika pilihan hide capture dialog info dinonaktifkan, ketika kita memulai capture, Wireshark akan menampilkan jendela tambahan yang memberikan statistic persentase protokol yang tercapture sebagai berikut:

5.      Highlight ketiga memberikan pilihan bahwa Wireshark akan menerjemahakan alamat jaringan dalam PDU menjadi nama. Mengaktifkan pilihan ini akan menambah PDU ekstra ke dalam data yang tercapture. Jendela Wireshark terdiri atas tiga bagian, seperti ditunjukkan pada screenshot berikut:

6.      Packet List Pane menampilkan ringkasan dari paket-paket yang tertangkap oleh Wireshark. Memilih salah satu paket yang tampil pada bagian ini akan memperlihatkan detail dari paket tersebut pada dua panel di bawahnya. Packet Detail Pane menampilkan detail dari paket yang dipiliha pada Packet List Pane. Packet Byte Pane menunjukkan isi data dari sebuah paket dalam heksadesimal serta menunjukkan detail dari field yang dipilih pada Packet Detail Pane. Untuk memulai proses capture, klik pada tombol Start.

7.      Buka Web browser yang ada pada komputer

8.      Masukkan alamat http://www.google.com. Setelah halaman http://www.google.com terbuka, tekanlah tombol Refresh pada web browser.

9.      Hentikan capture Wireshark dengan cara klik simbol pause dan simpanlah hasil capture Wireshark tersebut. Kemudian tutuplah web browser yang telah dibuka tadi.

10.  hasil capture dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

11.  Setelah mengetahui hasil dari capture, lakukan analisis pada hasil capture tersebut.

  1. ANALISIS DAN KESIMPULAN

–          Wireshark adalah salah satu software gratis yang digunakan untuk menganalisis perangkat jaringan. Selain itu wireshark juga dapat digunakan untuk troubleshooting jaringan, pengembangan software dan protocol, serta untuk keperluan edukasi.

–          Istilah lain dari software Wireshark ini adalah protocol analysis tool atau packet sniffer.

–          Wireshark sebagai salah satu packet sniffer telah diprogram sedemikian rupa sehingga dapat mengenali berbagai macam protokol jaringan.

–          Application Layer protocol merupakan layer paling atas, baik pada model OSI, maupun model TCP/IP.

–          Application Layer menyediakan antarmuka antara aplikasi-aplikasi yang kita gunakan, dengan jaringan yang digunakannya untuk melakukan pertukaran informasi.

–          Pada Packet List Pane menampilkan ringkasan dari paket-paket yang tertangkap oleh Wireshark yaitu tampil pakcet yang terkirim dari sumber alamat 192.148.254, Destination alamat yang dituju dengan protokol HTTP, get http//.google.com

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s